17 Oct 2021 | 02:02

Beranda / Hut ke 68, Satpol PP Kota Padang Musnahkan 540 Botol Miras

Hut ke 68, Satpol PP Kota Padang Musnahkan 540 Botol Miras

Admin

15 Mar 2018

178 x dibuka

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang memusnahkan 540 botol minuman keras (miras). Miras tersebut dimusnahkan saat perayaan HUT Satpol PP ke 68 dan Satlimas ke-56 di, Jalan Tan Malaka, Kamis (15/3).

“Miras tersebut hasil tangkapan enam bulan terakhir. Semenjak saya menjabat,”ujar Kepala Satpol PP Kota Padang Yadrison usai perayaan HUT.

Dikatakan Yadrison, miras yang dimusnahkan tersebut dari berbagai merek. Diperoleh saat Satpol PP melakukan razia di kafe atau toko minuman yang tidak mengantongi izin untuk menjual miras.

Lanjut Yadrison, pihaknya mengindikasikan ada produksi miras oplosan di Kota Padang. Namun masih kategori industri rumahan. Sebab jika sudah besar, pasti akan ketahuan.

"Itu ada ya. Tapi sepanjang ini saya masih belum bisa membuktikan. Akan kami pantau terus," jelasnya kepada Haluan.

Sambung Yadrison pihaknya akan terus melakukan razia baik itu miras oplosan ataupun tidak. Terlebih pada tempat penjualan yang tidak mengantongi izin usaha, dan   lokasi yang banyak menyediakan hiburan malam, seperti Kecamatan Padang Barat dan Kecamatan Padang Selatan.

"Untuk mengantisipasinya dengan rutin melakukan razia,”tutur Yadrison.

Sementara itu, Pjs Walikota Padang Alwis berharap di usia Satpol PP yang ke 68 agar bisa lebih solid dalam menegakan peraturan daerah (perda). Bekerjasama dengan berbagai pihak dengan aparat penegak hukum seperti kepolisian dan TNI.

“Pekerjaan penegakan perda itu tidak hanya bisa dilakukan oleh Satpol PP sendiri. Harus mendapatkan dukungan dari aparat penegak hukum,”kata Alwis.

Selain itu, Alwis meminta kepada masyarakat agar dapat melaporkan kepada Satpol PP apabila ada hal-hal yang berhubungan dengan penegakan perda. Sebab Satpol PP Kota Padang tidak bisa melakukan semuanya, akibat keterbatasan jumlah petugas Pol PP.

“Jika ada usaha yang tidak memiliki izin atau menjual miras sembarangan, maka Satpol PP berhak melakukan penertiban,”tutur Alwis.

Dalam peringatan HUT Satpol PP dan Satlimas tersebut, disuguhkan berbagai atraksi dari personil penegak perda itu . Ada penampilan Tarung Drajat sebagai Pasukan VIP pengawalan Kepala Daerah yang langsung diperagakan.

Di samping itu, ada penampilan Pasukan Anti Huru-Hara (PHH) sebagai pasukan pengendalian masa. Yang lebih menarik lagi, penampilan senam Gemufamire akan menghibur para tamu dan peserta upacara . Selain itu juga digelar penampilan pertunjukan bela diri Karate oleh personil Satpol PP yang telah bertaraf nasional.

Menjelang peringatan puncak HUT, Satpol PP Kota Padang juga melakukan kegiatan  
bakti sosial membersihkan lingkungan, goro bersama dengan masyarakat Purus Kabun Kecamatan Padang Barat. Lalu, menyalurkan bantuan beras ke Panti Mentawai. (h/mg-mel)

 Sumber : harianhaluan.com

Bagikan :