17 Oct 2021 | 00:21

Beranda / Kasat Pol PP : Bina Generasi Muda Lewat Empat Rumah

Kasat Pol PP : Bina Generasi Muda Lewat Empat Rumah

Admin

19 Sep 2019

195 x dibuka

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Padang, Al Amin mengatakan remaja sebagai generasi masa depan bangsa harus mendapat pembinaan melalui “Empat Rumah".
"Ini guna menekan angka kejahatan dan kenakalan remaja, dan diperlukan peran serta semua pihak," ujar Al Amin di ruang kerjanya, di Padang, Sumatra Barat, Senin (16/9/2019).
Dia menjelaskan, rumah yang pertama adalah "Rumah Tangga", di sinilah peran orang tua dalam mengajar, membimbing, serta mengawasi perkembangan dan aktivitas anak.
Kedua yakni "Rumah Sekolah", di sini peran guru dalam memberikan pelajaran dan pendidikan kepada anak, seperti pendidikan formal maupun tingkah laku. Selanjutnya "Rumah Ibadah'. Melalui rumah yang ketiga ini anak ditanamkan nilai-nilai keagamaan, baik dan buruk menurut agama.
Terakhir, yang tak kalah penting adalah "Rumah Adat". Di sinilah peran tokoh masyarakat, ninik mamak, dan cadiak pandai dalam mengajarkan nilai-nilai adat, budaya serta etika berbudi luhur, sehingga mampu menjadi pagar dalam nagari.
Menurut dia, dengan sinergitas “Empat Rumah" tersebut, Al Amin yakin angka kenakalan remaja dapat ditekan. Sehingga Kota Padang dapat menghasilkan generasi muda yang siap bersaing, dan bonus demografi 2030 dapat dinikmati oleh Kota Padang
Dia menyebutkan, permasalahan anak jalanan, balap liar serta menghisap lem menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian serius.
"Pol PP sesuai tugasnya adalah melakukan penertiban terhadap mereka yang dianggap mengganggu ketertiban umum. Selanjutnya, untuk pembinaan akan diserahkan kepada Dinas Sosial. Kalau untuk pelanggaran hukum tentu menjadi tanggung jawab aparat kepolisian,” katanya.
Al Amin menjelaskan, menekan angka kenakalan remaja perlu dilakukan pembinaan sedari dini. "Pembinaan dan pengayoman lebih kita utamakan terhadap mereka dibanding penerapan sanksi maupun pasal pelanggaran Perda ketertiban umum, karena mereka merupakan generasi harapan bangsa,” tambah Kasat. (MC Padang/RA/CH).

Sumber : infopublik.id

Bagikan :